Rabu, September 09, 2009

SENI BUDAYA TEATER KUANSING

Teater Tradisional Kuansing
Fahli Revsianto
Art Of Culture
XI IPA 2
Ronaldo Rozalino


Teater adalah sebuah karya seni yang di tampilkan di sebuah pentas yang menampilkan permainan sandiwara dari pemain atau yang sering disebut dengan aktor. Teater terdiri atas dua yaitu teater trdisional dan teater modern. Disini saya akan menguraikan tentang teater tradisioal di daerah KUANTAN SINGINGI. Di kuantan singingi banyak terdapat teater tradisional yang merupakan tradisi masyarakat pada zaman dahulu kala yang secara turun temurun di wariskan kepada anak cucunya.

Teater Tradisional biasanya di mainkan tanpa konsep, para pemain teater tradisional biasanya langsung memainkan perannya dengan lancar tanpa ada kendala karena sudah mempelajarinya sedari kecil. Dengan belajar dari kecil itulah mereka mengembangkan bakatnyya setelah besar nanti.

Teater Tradisional di daerah kuantan singingi seperti Randai. Randai adalah sebuah seni teater yang dimainkan dengan musik tradisional seperti biola, gendang, peluit, kincir, gong dll.

Randai di kuantan singingi sangat di gemari oleh rakyat, hal ini dikarenakan Randai sudah lama membudaya di Kuantan Singingi. Biasanya ada suatu Festival untukmencari Randai yang paling baik dan yang paling banyak digemari oleh masyarakat.

Festival Randai diadakan di ibukota Teluk kuantan yang di adakan oleh Pemkab Kuansing. Festival ini disiarkan langsung d Radio RPD(RadioPemerintah Daerah)pada malam minggu di mulai dari pukul 21:00 WIB.

Seetelah lama melakukan penilaian, di carrilah sebuah randai yang top dan favorite. Dalam penilaian tahun lalu, Randai favorite dan top adalah Randai dari Teratak air Hitam kecamatan Benai. Dengan menangnya randai dari teratak air hitam maka banyaklah orang yang mengundang Randai tersebut untuk memeriahkan berbagai acara seperti dalam acara pernikahan, pembagian hadiah pertandingan, dan meyambut tahun baru dan lain lain.

Penampilan Randai yang dimulai darijam sembilan malam tersebut akan berakhir pada jam dua belas malam. Tampilan-tampilan yang ditampilkan bersifat menghibur masyarakat dengan memasukkan unsur2 jenaka dalam cerita yang ditampilkan. Cerita2 yang ditampilkan biasanya beragam, Karena banyak randai yang berada di kuantan singingi maka banyak pula judul cerita yang akan ditampilkan.

Cerita2 tersebut ditampilkan setelah dimainkan sebuah lagu atau diseling selingi anatara sebuah cerita dengan sebuah lagu. Cerita yang ditampilkan tersebut tidak sembarang cerita, cerita itu juga mempunyai makna dan amanat amanat yang bagus. Ceritanya seperti Panjek-panjek tabalusui (dari talontam benai), urang kubalo (dari padang kunyit pangean). Lagu lagu randai yang populer seperti LomakDek Awak Katuju Dek Urang, panjek panjek tabalusi, salido, bujang lapuak dan lain lain.

Itulah teater tradisional yang dapat saya jelaskan, Semoga budaya kuansing tetap lestari dan terjaga.

Tidak ada komentar: